Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Keberhasilan Tanam Padi di Lahan Gambut Harus Ditularkan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 25 September 2017 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Keberhasilan Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya dalam program tanam padi di lahan gambut mendapat apresiasi dari Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, At Prayer. Menurutnya, keberhasilan ini harus ditularkan kepada petani padi lainnya di Kota Palangka Raya.

"Harus diperhatikan bahwa keberhasilan penanaman padi di lahan gambut yang berada di Kelurahan Kalampangan tersebut baru akan bisa dikatakan benar-benar sukses jika penanaman padi bisa dilaksanakan di kawasan lahan gambut lainnya," kata At Prayer, Senin (25/9/2017).

Menurutnya, Kalampangan sudah terkenal dengan pengolahan tanahnya sehingga dapat membuahkan aneka jenis tanaman. Mulai dari sayuran, buah-buahan hingga yang terbaru padi di lahan gambut. Tetapi apakah ini juga bisa dilakukan di lahan gambut selain kawasan Kalampangan, itulah yang menurut Prayer harus diusahakan.

"Pengembangan itu harus teruji keberhasilannya agar bisa diterapkan di lahan yang lain. Untuk itu, kami meminta pemerintah kota melalui dinas terkait serius dalam pengembangan penanaman padi di lahan gambut," pintanya.

Sebelumnya, Wali Kota Palangka Raya HM Riban Satia mengaku upaya penguatan sektor pertanian terus dilakukan, walaupun selama ini area lahan di Kota Palangka Raya bergambut. "Tampaknya, seperti di Kalampangan ini, ada kelompok masyarakat yang dapat mencari sistem bercocok tanam yang baik di lahan gambut hingga mampu membuahkan hasil," tambah Riban.

Wali Kota dua periode ini mengatakan, langkah poktan di Kelurahan Kalampangan ini merupakan langkah awal. "Bisa saja untuk wilayah Kalampangan jadi sentra padi dan wilayah Tangkiling jadi sentra sayur mayur dan buah-buahan," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru