Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapuas Punya Obyek Wisata Baru di Handel Semangat

  • 14 Desember 2017 - 19:56 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kawasan Handel Semangat, Kelurahan Selat, Kecamatan Selat menjadi obyek wisata baru di Kabupaten Kapuas. Kawasan ini ramai dikunjungi warga untuk wisata keluarga setiap Sabtu dan Minggu.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya (CK), Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Pemukiman dan Kawasan Perumahan (DPUPRPKP) Kapuas, Maria Susana Nataleatari mengatakan, kawasan ini merupakan contoh dari pengembangan kawasan kumuh menjadi kawasan ramah anak dan menjadi wisata ekologi.

"Kita akan menata kawasan ini khusus untuk bersepada santai dan pejalan kaki. Untuk kendaraan roda dua maupun roda empat tidak diperbolehkan," kata wanita yang akrab disapa Lisa ini saat ditemui Borneonews di kawasan percontohan Handel Semangat, Kamis(14/12/2017) sore.

Menurut Lisa, tidak menutup kemungkinan kawasan seperti ini bakal dikembangkan menjadi wisata susur sungai dan kolam renang dengan memanfaatkan anak sungai tersebut. Sehingga anak-anak bisa berenang dengan bermain menggunakan pelampung.

"Nantinya kita menggunakan sistem buka tutup air sehingga bisa dimanfaatkan untuk berenang bagi siapa saja mengunakan pelampung dan ini setiap hari sabtu dan minggu saja dan ada tempat santai untuk duduk bahkan buat selfi dan foto sudah disiapkan," ungkapnya.

Lisa juga berharap program Neighborhood Upgrading and Shelter Project Phase 2 (NUSP-2) bisa terus berjalan. Pasalnya, masa kontrak program tersebut bakal habis tahun 2019 mendatang. Tujuan penataan kawasan tersebut menjadikan kawasan bersih dan jamban tidak ada lagi rumah dan jamban di atas bantaran sungai dan rumah warga tidak ada lagi membelakangi sungai tetapi menghadap sungai.

"Kita ingin sugai-sungai dihidupkan kembali menjadi wisata di dalam kota sehingga penanganan kawasan kumuh dan jamban di atas sungai mulai ditinggalkan dan konsep pembanguan perumahan warga tidak lagi membelakangi sungai Tetapi menghasap kesungai," pungkasnya. (DJIMMY NAPOLEON/B-8)

Berita Terbaru