Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Inilah ternyata Proses Pembuatan Tahu

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 27 Januari 2018 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Proses pembuatan tahu dalam tahapannya tidak selama membuat tempe karena tahu cukup satu hari jadi.

Hal ini dijelaskan oleh karyawan pabrik tahu dan tempe Jumadin saat di wawancara di  pabrik tahu dan tempe Samsudin di Jalan Iskandar, Pangkalan Bun, Sabtu (27/1/2018) .

Tapi, dalam pembuatan tahu memerlukan alat-alat yang cukup rumit, akan tetapi dalam pembuatannya tergolong lebih cepat daripada tempe.

"Proses pembuatan tahu ini dari tahap pertama perendaman kedelai memerlukan waktu 8 jam saja setelah itu digiling sampai halus. Setelah ditakar baru kita rebus kalau kedelai yang dihaluskan tersebut beratnya 5 kg maka air yang diperlukan sekitar 100 liter," kata Jumadin.

Jumadin menambahkan, setelah proses perebusan lalu kedelai disaring menggunakan mesin. Lalu ampas kedelainya masuk dalam pembuatan tahu. Lalu dikasih cuka selama 15 menit dan diaduk perlahan dan akhirnya menjadi kental.

"Setelah pengentalan diperlukan waktu 15 menit lalu airnya dibuang sedikit dan perlahan-lahan menjadi padat. Selanjutnya, tahu dicetak dan diuap, bukan direbus lagi. Setelah jadi selanjutnya dipotong sesuai dengan ukurannya," ucapnya. (HARDI/B-5)

Berita Terbaru