Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Murung Raya Janji Buka Isolasi Pedalaman

  • Oleh Trisno
  • 19 Juli 2018 - 12:52 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Murung Raya (Mura) berjanji terus membuka keterisolasian wilayah pedalaman di antaranya dengan membangun infrastruktur jalan.

Seperti saat ini, Pemkab membangun akses jalan darat dari Puruk Cahu menuju Tumbang Kunyi Kecamatan Sumber Barito dan Kota Puruk Cahu menuju Kecamatan Barito Tuhup Raya.

Menurut Bupati Mura Perdie, pihaknya memprioritas membuka akses tujuh ruas jalan dalam lima tahun masa pemerintahan kepala daerah sekarang yang di antarannya Puruk Cahu - Saripoi, Puruk Cahu - Muara Laung, Puruk Cahu - Mangkahui, Puruk Cahu - Sungai Babuat, Puruk Cahu - Tumbang Lahung, dan akses berikutnya yang juga sudah mulai kita buka adalah Puruk Cahu -Tumbang Kunyi dan Puruk Cahu – Makunjung.

Sampai sekarang kedua kecamatan itu hanya bisa ditembus dengan hanya menggunakan jalur Sungai Barito dan tentu hal ini sudah menjadi perhatian agar akses jalan daran menjadi yang lebih utama.

Akses dari Puruk Cahu menuju Makunjung Kecamatan Barito Tuhup Raya  tahun ini sudah bisa diakses merintis mulai dari Makunjung seberang menuju Jalan Gajah Mada atau jalan yang menghubungkan antara Puruk Cahu dan Muara Laung.

Demikian pula dari Puruk Cahu ke Tumbang Kunyi, menurut Bupati  jalurnya melewati sebuah blok yang disebut oleh masyarakat lokal sebagai jalan Posing dan padak jalur blok tersebut akan melewati beberapa desa serta pihaknya tinggal melakukan peningkatan infrastruktur karena badan jalannya memang sudah tersedia.

Bupati menginginkan kedepan agar akses darat ke semua wilayah bisa tembut menggunakan jalur darat, terutama untuk wilayah atau kecamatan yang berada di hulu sungai Barito.

“Saya inginkan agar kedepan jalur sungai dianggap hanya sebagai akses alternafit dan menggunakan akses darat sebagar jalur utama. Tentunya hal ini akan memerlukan proses karena sekarang jalur sungai masih menjadi andalan bagi warga sebab minimnya jalan darat menuju kecamatan-kecamatan yang letaknya jauh dari ibu kota,” ungkap Perdie, belum lama ini. (TRISNO/B-5)

Berita Terbaru