Dishub Kapuas: Speed Boad Jangan Angkut Penumpang Melebihi Kapasitas

  • Oleh Alexander
  • 01 Agustus 2018 - 16:12 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kabupaten Kapuas yang dikeliling oleh Sungai Kahayan, serta beberapa sungai lainnya dengan penduduk masih menggunakan jasa transportasi air sebagai alat penghubung dari kecamatan, desa yang satu  ke yang lainnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas Made Sumartha melalui Kasi Bidang Keselamatan Ridho mengatakan untuk terus menjaga kapasitas penumpang agar selalu menjaga keselamatan dalam menggunakan transportasi air tersebut, sehingga tidak ada hal yang tidak diinginkan terhadap para penumpang.

"Imbauan kami kepada pemilik atau pengusaha transpotrasi air dapat mengutamakan kesalamatan penumpang dengan tidak melebihi batas terhadap kapasitas speed boad atau kapal yang mereka operasikan,"K katanya, Rabu (1/8/2018).

Selain itu pihaknya akan terus melakukan pemantauan terhadap transportasi air yang ada dibeberapa tempat, agar selalu mematuhi peraturan yang telah dibuat oleh pemerintah, sehingga para penumpang dan pemilik kapal menjadi aman.

"Pastinya selalu kami cek, kalau ada diduga kesalahan sebelum speed atau kapal berangkat akan kami tegur, seperti penumpang yang duduk di pinggir kapal penyeberangan atau pemilik speed memaksa naikan penumpang padahal sudah penuh, itu jelas akan kami berikan tindakan," pungkasnya.

Namun sejauh ini,\ pihaknya hanya menemukan pelanggaran ringan, sehingga penumpang dan pemilik kapal atau speed boad hanya mendapatkan teguran dari pihak Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas.(ALEXANDER/B-6)

Berita Terbaru