Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jelang Idul Adha, DKPP Segera Periksa Kesehatan Hewan Kurban

  • Oleh Testi Priscilla
  • 02 Agustus 2018 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Palangka Raya berencana melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha, 22 Agustus 2018 mendatang.

"Kami rencananya akan melakukan pemeriksaan untuk memastikan kesehatan ternak yang akan dikurbankan pada Hari Raya Idul Adha 1439 H. Pemeriksaan akan kami lakukan mulai dua minggu sebelum hari raya Idul Adha," kata Kepala DKPP Kota Palangka Raya, Harry Maihadi, Kamis (2/8/2018).

Menurut Harry, pihaknya akan melakukan pemeriksaan awal dengan melakukan pengecekan fisik mulai dari mata, hidung, kulit, dan juga usia hewan. Selain melihat pemenuhan syarat hewan kurban, pemeriksaan klinis juga dilakukan untuk mendeteksi gejala-gejala penyakit dari ternak.

"Apakah ditemukan tonjolan-tonjolan atau darah yang keluar dari lubang-lubang kumlah, telinga, ataupun hidung yang merupakan indikasi penyakit antraks, itu semua akan masuk dalam pemeriksaan," tambahnya.

Meski demikian Harry menegaskan, untuk ternak kiriman dari luar daerah kebanyakan sudah melalui pemeriksaan.

"Kalau yang dari luar biasanya sudah melalui pemeriksaan karena memang rekomendasi baru bisa didapatkan oleh pengusaha setelah melewati test bebas husilosis dari laboratorium," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru