Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Cara Memilih Hewan Kurban

  • Oleh Masrohan
  • 15 Agustus 2018 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Masyarakat yang akan membeli hewan kurban baik sapi maupun kambing harus memperhatikan beberapa hal ini agar mendapatkan hewan yang sehat dan memenuhi syarat.  

Salah satunya dengan melihat penampilan fisiknya. Hewan yang sehat akan kelihatan gagah.

Kepala Bidang Pasca Panen, SDM dan Kelembagaan pada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kotawaringin Barat (DPKH Kobar) M Rubiansyah mengatakan, hewan yang sehat kelihatan energik dan tidak loyo.

"Harus dilihat juga alat kelaminnya. Hewan jantan yang sehat tidak ada kelainan pada bagian alat kelaminnya," kata Rubiansyah di kantornya,  Rabu (15/8/2018).

Pemilihan hewan kurban itu penting, karena hewan untuk kurban tidak boleh cacat dan organ tubuhnya lengkap.

Selain itu, kata Rubiansyah, pihaknya telah melakukan pelatihan kepada pengurus masjid dan musala. Dalam pelatihan itu, pengurus masjid dan musala dibekali dengan berbagai hal berkaitan dengan pelaksanaan ibadah kurban.

"Dari DPKH memberikan materi tentang bagaimana memilih hewan kurban,  dari Kementerian Agama memberi materi berkaitan dengan syarat-syarat sesuai dengan tuntutan Agama Islam," jelasnya.

Sebelumnya, Bupati Kobar Nurhidayah menganjurkan agar memanfaatkan Pasar Palagan Sari sebagai pasar hewan kurban agar kesehatan hewan kurban terpantau. (MASROHAN/B-2)

Berita Terbaru