Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perangkat Kelurahan Hingga RT Harus Respons Cepat Soal Tawuran Antargeng

  • Oleh Naco
  • 28 Agustus 2018 - 09:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Rimbun, menyarankan perangkat kelurahan hingga RT agar segera melapor ke aparat penegak hukum bila mengetahui ada kelompok hendak tawuran, terutama yang kerap terjadi pada malam hari.

Menurut Rimbun, tawuran antargeng atau kelompok kerap terjadi di wilayah perkotaan. Terutama di malam hari. Anggotaan geng kebanyakan pelajar.

Namun, menurut dia, tidak menutup kemungkinan aktor di balik itu semua adalah orang dewasa. Sehingga, menurut dia, masalah ini tidak bisa dibiarkan terus-menerus.

"Saya khawatir akan menjadi konflik besar. Gesekan antarkelompok ini membesar ketika ada yang terluka dan membawa keluarga saling serang," kata Rimbun, Selasa (28/8/2018).

Maka dari itu, peran warga sekitar sangat diperlukan. Ketika ada indikasi bakal terjadi tawuran, warga hendaknya bersama-sama membubarkannya. Kalau perlu pelaku dan provokatornya ditangkap supaya diproses. Karena itu membahayakan.

"Tentunya kita tidak ingin kondusivitas daerah diganggu segelintir orang yang menyebabkan kamtibmas kita jadi tidak aman," ujarnya.

Bahkan, kata Rimbun, beberapa waktu lalu telah terjadi perkelahian yang melibatkan pelajar. Meski sejumlah pelaku sudah diproses secara hukum, ia menekankan agar peristiwa seperti itu jangan terus terulang. (NACO/B-3)

Berita Terbaru