Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kuatkan Pengembangan Sekolah Kejuruan

  • Oleh Naco
  • 16 September 2018 - 19:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit- Anggota Komisi III DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Sarjono, mendorong pemerintah kabupaten dan Provinsi Kalteng lebih mengarahkan pengembangan dan penguatan pendidikan di sektor kejuruan. 

Sebab dari sekolah ini akan lahir pemuda yang siap terjun ke dunia kerja. Pasalnya, sekolah kejuruan membekali peserta didik dengan berbagai keterampilan dalam menghadapi kondisi dan persaingan di dunia kerja.

"Harus diperkuat SDM (sumber daya manusia) kita berupa kecakapan dan keterampilan. Karena itu tidak salah jika SMK di Kotim ini harus diperkuat dan didukung dengan fasilitas memadai untuk mendukung kegiatan belajar mengajar mereka saat ini," kata Sarjono, Minggu (16/9/2018).

Menurut dia, tidak menjadi persoalan ketika wewenang pengelolaan sekolah menengah atas atau sederajat ditarik oleh pemprov. Hal itu tentunya akan mempermudah koordinasi dan sinkronisasi bantuan kepada sekolah yang ada.

Sarjono menyebutkan, saat ini kebutuhan dunia kerja sangat tinggi. Jika para pemuda tidak mempersiapkan skill mumpuni, mereka bisa menjadi pengangguran ketika lulus dari jenjang menangah atas.

Sehingga, menurut dia, tidak salah bila pengembangan SMK dilakukan sesuai dengan arah kebijakan nasional. Sebab tujuannya untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia.

Kebijakan itu juga harus didukung pemerintah kabupaten demi peningkatan taraf hidup masyarakat. (NACO/B-3)

Berita Terbaru