Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Katingan Apresiasi Kelompok Tani Sawit Tenera Dapat Sertifikat RSPO

  • Oleh Abdul Gofur
  • 19 September 2018 - 07:20 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Dinas Pertanian Kabupaten Katingan mengapresiasi kepada kelompok tani di daerahnya Kelompok Tani Tenere Desa Hampalit yang mendapatkan sertifikat Roundtable Of Sustainable Palm Oil (RSPO).

Hal ini disampaikan Kabit Perkebunn dan Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Katingan Herlisilo saat penyerahan sertifikat RSPO di Desa Hampalit yang berlangsung Selasa (18/9/2018).

Dari sekian banyak kelompok tani sawit yang ada di Kalteng, itu tidak semua kelompok tani dapat penghargaan sertifikat RSPO itu.

"Kami selaku pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada pihak BGA dan RSPO yang telah memberikan bimbingan, arahan serta masukan-masukan terhadap kelompok tani kita yang mendapatkan sertifikat RSPO," kata Herlisilo, Rabu (20/9/2018).

Ia berharap dengan pemberian sertifikat RSPO ini kedepan kelompok tani sawit yang ada dapat meningkatkan daya saing guna menghadapi pasar global.

"Kami suport keinginan dari kelompok tani ini untuk meningkatkan mutu sawitnya, sebab kedepan kita akan menghadapi pasar dunia," katanya.

Diakuinya, saat ini pasar sawit belumlah stabil. Pasalnya hal ini dipengaruhi adanya beberapa hal, yakni adanya isu membakar lahan gambut, dan menggunakan zat atau bahan kimia.

"Kami mengapresiasi ini langkah awal usaha tani yang berlekalanjutan, yang ramah lingkungan," katanya.

Direktur Sustainability Goup Bumitama Gunajaya Agro Hadi Fauzan mengatakan dalam program ini Kelompok Tani sawit Tenera mendapatkan bantuan pendanaan dari RSPO melalui program RSSF dan dari Bumitama yang memberikan pendampingan yang berkaitan dengan praktik pengelolaan terbaik untuk kebun kelapa sawit, pengelolaan lingkungan, keselamatan dan kesehatan kerja. (ABDUL GOFUR/B-5) 


TAGS:

Berita Terbaru