Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

RSUD Kapuas Gelar Penyuluhan Penyakit TBC Lewat Radio

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 20 September 2018 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas- Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soemarno Sosroatmodjo, Kuala Kapuas, mengadakan penyuluhan penyakit tuberculosis (TBC) melalui Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD) Kabupaten Kapuas, Kamis (20/9/2018).

Pada siaran itu, dokter Ryan, selaku narasumber dari rumah sakit, menerangkan bahwa TBC merupakan penyakit menular langsung yang disebabkan kuman TBC (mycobakterium tuberculosis). Penyakit ini baru bisa dipastikan dengan pemeriksaan dahak.

"Gejala utama penyakit TBC yakni batuk terus-menerus dan berdahak selama tiga minggu atau lebih. Sedangkan gejala tambahan yaitu dahak bercampur darah, batuk berdahak, sesak napas, dan rasa nyeri dada," ungkap Ryan.

"Kemudian badan lemah, nafsu makan berkurang, berat badan turun, kurang enak badan, berkeringat di malam hari walau tanpa kegiatan, demam, dan meriang lebih dari sebulan," tambahnya.

TBC itu bukan penyakit keturunan, bukan juga karena guna-guna atau akibat diracuni orang. Untuk itu, ia mengimbau masyarakat memperhatikan kebersihan lingkungan.

"Adapun cara penularan penyakit TBC, melalui kuman yang berterbangan di udara masuk ke dalam tubuh manusia melalui pernafasan kemudian masuk ke paru-paru melalu ke sistim peredaran darah dan menyebar ke bagian tubuh lainnya," pungkas dokter Ryan. (DODI RIZKIANSYAH/B-3)

Berita Terbaru