Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disarpustaka Pelan-pelan Berdayakan Warga Kapuas Melalui Inovasi

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 23 September 2018 - 22:02 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas, Nor Apiati berusaha secara pelan-pelan memberdayakan masyarajat agar bisa menambah wawasan, sehingga terus dilakukan berbagai inovasi terhadap perpustakaan dan tidak hanya identik dengan buku bacaan.

“Kita lebih kepada perpustakaan itu bergerak kepada masyarakat, tidak hanya diam saja dan memberdayakan komunitas yang ada, terus dilakukan secara berkesinambungan, dengan harapan pada 2019 sesuai petunjuk pemerintah pusat bahwa perpustakaan untuk kesejahteraan masyarakat," ucap Nor Apiati, Minggu (23/9/2018).

Ia menerangkan inovasi tersebut salah satunya dengan memberdayakan komunitas yang saat ini menjadi salah satu fokus yang sedang dilakukan.

Kemudian komunitas yang diberdayakan tersebut mengajarkan untuk masyarakat seperti cara membuat anyaman dari plastik, bunga sabun yang dikembangkan oleh komunitas dan sekarang bisa dijual.

“Artinya perpustakaan itu apabila hendak menjadi perpustakaan yang bagus bisa dimulai dari pelayanan hingga bisa memberdayakan warga berbagai macam sesuatu yang bernilai positif," ujarnya.

Pihaknya terus berusaha dalam meningkatkan minat baca kepada masyarakat, mengingat buku sebagai jendela dunia.

"Memberikan saran dan masukan kepada masyarakat terutama sekolah dengan tujuan bisa meningkatkan minat baca hal tersebut agar bisa menambah ilmu dan pengetahuan. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru