Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komnas HAM Kunjungi Gunung Karasik Barito Timur

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 28 September 2018 - 19:12 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Tim Komisi Nasional Hak Asaai Manusia (Komnas HAM) Republik Indonesia mengunjungi Dusun Gunung Karasik, Desa Janah Manaiwui, Kabupaten Barito Timur, Kamis (27/8/2019).

Kedatang mereka sebagai upaya menindaklanjuti ada pengaduan masyarakat Dusun Gunung Karasik yang merasa dirugikan akibat adanya aktivitas perusahaan pertambangan yang menyebabkan kerusakan lingkungan dan pelanggaran lainnya yang diduga dilakukan PT Bangun Nusantara Jaya Makmur (BNJM).

"Kita bertemu dengan warga Gunung Karasik ingin melihat langsung kerusakan lingkungan yang dikeluhkan warga dan mendapatkan informasi langsung dari warga gunung karasik," katanya, Jumat (28/9/2018).

Pihaknya pada tahapan berikutnya akan bertemu langsung dengan kepala daerah, instansi terkait dan pihak perusahaan, untuk mengetahui sejauhmana upaya yang sudah dilakukan untuk penyelesaian masalah antara masyarakat dan pihak perusahaan.

"Nanti bila ada respon baik dari berbagai pihak, maka baru ditawarkan untuk dilakukan mediasi yang melibatkan semua pihak. Sehingga harapannya bisa ditemukan titik penyelesaian," timpalnya.

Menurut Soleha, KomnasHAM tidak memiliki kewenangan untuk mengambil tidakan hukum, namun hanya sebatas memberikan rekomemdasi bagi berbagai pihak berkewenangan bila tidak ditemukan titik penyelesaian melalui proses mediasi.

"Bila ada pelanggaran lingkungan bisa direkomendasi KLHK, dan bila ada pelanggaran Hak asasi manusia maka akan direkomendasikan kepada kepada kepolisian," timpalnya.

Ridwan yang juga salah seorang tim dari Komnas HAM, juga meningatkan bagi warga Dusun Karasik untuk selalu membangun komunikaai dengan semua pihak agar permasalahan yang ada bisa terselesaikan dengan baik.

"Hal itu dilakukan sebagai upaya mencegah konplik horisontal dan mencegah dari upaya oknum tertentu memanfaatkan hubungan yang tidak harmonis di tengah masyarakat," pintanya.

Sementara itu perwakilan masyarajat Dusun Gunung Karasik, Yuseph saat menyampaikan keluhan kepada pihak KOMNAS HAM mengatakan agar pihak perusahaan bertanggungjawab terhadap kerusakan lingkungan yang terjadi dengan melakukan upaya pemulihan lingkungan yang sudah rusak dan tercemar.

Berita Terbaru