Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kobar Ajak Masyarakat Bercocok Tanam

  • Oleh Andreansyah
  • 02 Oktober 2018 - 10:32 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat mendorong masyarakat untuk bercocok tanam. Tidak hanya menanam padi, tapi juga untuk sayuran dan holtikultura.

Bupati Kobar, Nurhidayah mengatakan potensi pengembangan sayur dan tanaman holtikultura di daerahnya sangat besar. Bahkan jika ditekuni secara serius, maka hasilnya sangat menjanjikan.

"Sejumlah desa berhasil mengembangkan tanam sayur dan tanaman holtikultura, sehingga semangat menanam ini harus diikuti oleh masyarakat," kata Nurhidayah, Selasa (2/10/2018). 

Menurutnya, salah satu tempat yang berhasil pengembangan sayur dan tanaman holtikultura di Pusat Pengembangan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) di Desa Kubu Kecamatan Kumai. Banyak contoh keberhasilan dalam pengembangan sayuran dan tanaman holtikultura.

"Bahkan tempat tersebut bisa menjadi percontohan bagi desa lain yang ingin menerapkan sistem cocok tanam dengan pola kekinian," ujarnya.

Bahkan untuk bercocok tanam sebenarnya tidak perlu membutuhkan lahan luas. Bahkan di lahan yang sempit masyarakat juga bisa bercocok tanam. 

"Selagi ada niat, tentu semuanya bisa dilakukan bahkan di P4S Desa Kubu ini juga siap memberikan pelatihan bagi masyarakat yang ingin belajar bercocok tanam, sehingga ini menjadi kesempatan yang baik bagi masyarakat," jelasnya.

Bupati berharap masyarakat bisa bercocok tanam di lahan yang luas dan sempit, terutama tanaman yang wajib di tanam adalah sayuran, karena itu yang selalu dibutuhkan. Bahkan jika ini diterapkan juga bisa membantu ketahanan pangan daerah. (ANDRE/B-6) 

Berita Terbaru