Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lomba Ketotok Hias Juga Untuk Angkat Potensi Wisata Lokal

  • Oleh Wahyu Krida
  • 07 Oktober 2018 - 12:02 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Selain bertujuan memeriahkan HUT ke-59 Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), lomba kelotok hias pada Festival Batang Arut (FBA) yang merupakan tahun kedua penyelenggaraannya ini juga untuk mengangkat potensi wisata lokal lainnya.

"FBA juga ini sudah kita daftarkan menjadi salah satu kalender tahunan pariwisata. Kita harapkan dengan digelarnya FBA, budaya dan tradisi lokal akan lebih terangkat lagi," jelas Bupati Kobar, Nurhidayah.

Selain itu dengan dijadikannya Sungai Arut menjadi salah satu destinasi wisata baru untuk mengundang wisatawan mancanegara, sehingga diperlukan partisipasi masyarakat untuk turut menjaga keberadaan sungai.

"Berbagai kegiatan yang kita gelar pada FBA ini diharapkan bisa mengembalikan kesadaran masyarakat untuk memelihara dan menjaga Sungai Arut. Karena sungai ini juga merupakan salah satu bagian yang memunculkan tradisi dan budaya masyarakat," imbuhnya.

Sementara itu Sofyan, warga yang menonton lomba kelotok hias mengatakan dirinya menyempatkan diri datang bersama keluarga untuk melihat kelotok yang dihias dengan cantik tersebut.

"Sangat sayang bila kita kelewatan acara ini. Tadi anak saya sangat senang melihat berbagai kelotok yang dihias dengan indah. Selain itu kami juga sempat ber-wefie saat ada kelotok yang pesertanya menggunakan pakaian adat suku Dayak yang kebetulan melintas tepat di pinggir sungai tempat kami menonton. Keren," ujar Sofyan, warga Kecamatan Pangkalan Banteng ini. (YUDA/B-6)

Berita Terbaru