Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas SDABMBKPRKP Kotim Akui Pencegahan Banjir Belum Maksimal, Perlu Kolaborasi Masyarakat dan Stakeholder Terkait

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 29 April 2024 - 17:05 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, Bina Konstruksi, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (SDABMBKPRKP) Mentana Dhinar Tristama mengakui upaya pencegahan banjir di dalam kota Sampit belum maksimal.

"Kami selaku OPD teknis terkait tentunya mohon maaf sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan ini, disamping faktor alam intensitas hujan yang cukup tinggi kami juga menyadari upaya teknis yg dilakukan Dinas SDABMBKPRKP belum maksimal," kata Mentana, Senin, 29 April 2024.

Dirinya mengatakan, belum semua ring drain baik luar maupun ditangani dan saat ini masih dalam proses normalisasi atau pengerukan. Kegiatan tersebut akan terus digencarkan baik pembersihan drainase secara manual maupun normalisasi sungai menggunakan allat berat.

Lanjutnya, saat ini excavator amfibi baru saja menuntaskan normalisasi sungai Baamang dan akan pihaknya pindahkan ke wilayah Kecamatan Mentawa Baru Ketapang.

"Ekskavator long arm juga masih bekerja di sei Mentawa Kecamatan Mentawa Baru Ketapang," imbuhnya. 

Drainase-drainase dipermukiman juga banyak yang tidak berfungsi maksimal menjadi salah satu pekerjaan rumah pihaknya.

"Kami juga mengharapkan kolaborasi dan partisipasi dari masyarakat dan stakeholders terkait untuk bersama2 menjaga atau memelihara drainase kita khususnya di permukiman," ucapnya.

Pihaknya terus berupaya agar sungai dan drainase lancar sehingga jika pun terjadi genangan, air akan cepat surut.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah titik di kota Sampit tergenang banjir dengan ketinggian bervariasi. Bahkan banjir masuk hingga ke rumah-rumah warga.

BPBD Kotim mencatat terdapat 20 titik banjir hari ini terpantau di  Kecamatan Baamang, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang dan Kecamatan Mentaya Hilir Utara. (DEWI PATMALASARI/j)

Berita Terbaru