Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DAD Harus Jadi Pemersatu Suku dan Budaya

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 15 Oktober 2018 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Umum Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H Agustiar Sabran menyatakan, lembaga DAD di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) harus bisa jadi pemersatu segala suku dan budaya masyarakat di daerah ini. 

"DAD bukan hanya sebagai lembaga adat dayak saja, namun harus menjadi pemersatu segala suku dan budaya masyarakat yang alberada di Kotim ini," ujar Agustiar, Selasa (15/10/2018). 

Dirinya mengatakan, saat ini masayarakat di Kotim bukanlah semua orang dayak. Namun banyak para pendatang dari berbagai suku dan budaya yang ada di Indonesia ini ada di bumi Habaring Hurung. 

Sehinga, DAD harus bisa menjadi pemersatu dan menyatukan budaya dan suku tersebut dengan tata cara adat dayak yang saat ini telah dijalankan di Kotim dan juga Kalteng. 

"Intinya kita semua menerima tanpa membedakan suku, agama, dan kebudayaan. Sehingga semua yang tinggal di daerah ini hsrus bersatu, tanpa ada perpecahan," kata Agustiar. 

Dirinya juga menekankan kepada masyarakat dayak agar menanamkan filsafat huma betang. Yang mana ini merupakan simbol keaslian orang dayak yang selalu menjaga perdamaian, persatuan di tenpat dia tinggal. 

"Jangan sampai ada pertikaian sesama umat manusia. Intinya kita satu, dan sama-sama merupakan ciptaan yang mahakuasa," ungkap Agustiar. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru