Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembangunan Jaringan Listrik di Gunung Purei Dimulai 2019

  • Oleh Ramadani
  • 16 Oktober 2018 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh– Kepala PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Muara Teweh Purmono Gunawan, mengungkapkan bahwa berdasarkan informasi dari PLN Kuala Kapuas, proses pembangunan jaringan listrik di Kecamatan Gunung Purei, Kabupaten Barito Utara, baru dimulai pada 2019.

Purmono menyampaikan, wewenang PLN ULP Muara Teweh hanya sebatas pengusulan. Sedangkan keputusan akhir berada di PLN pusat.

Namun, lanjut dia, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah pada 2015 telah memprogram Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

“Sesuai dengan ketentuan dan peraturan dari PLN, bila daerah terdapat program PLTS, program listrik desa tidak boleh diadakan di tahun bersamaan dan baru dapat dilakukan dua tahun ke depan,” ungkap Pernomo saat rapat bersama pemerintah daerah dan unsur pemerintahan Kecamatan Gunung Purei dan warga di Aula Setda Lantai I, Selasa (16/10/2018). 

“Pemerintah Kabupaten Barito Utara pada 2017 mengusulkan listrik desa untuk Kecamatan Gunung Purei. Usulan yang disampaikan saat ini sudah masuk di APD Banjarbaru untuk diteruskan di PLN pusat,” tambahnya.

Untuk listrik desa, lanjut Pernomo, PLN tidak dapat berdiri sendiri, harus ada dukungan dari pemerintah daerah dan masyarakat. Kendala paling utama adalah ketersediaan lahan. Sebab PLN tidak mengganggarkan untuk ganti rugi tanam tumbuh.

“PLN tidak bisa masuk ke daerah tanpa dukungan dari pemerintah daerah dan masyarakat. Sampai saat ini, Bupati sangat membantu proses pembangunan jaringan kelistrikan, terutama pengangkutan material ke lokasi,” tutur Pernomo. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru