Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Curah Hujan Meninggi Bikin Penghasilan Petani Getah Karet Menurun

  • Oleh Amar Iswani
  • 30 Oktober 2018 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Intensitas curah hujan sepanjang Oktober 2018 ini terjadi mengakibatkan penghasilan petani getah karet di Kabupaten Barito Timur menjadi berkurang.

"Pasalnya masyarakat tidak bisa menyadap getah karet di musim penghujan  Dan di musim hujan biasanya sadapan getah karet menjadi encer daripada biasanya," ucap Amison alias Atun (60 tahun), Warga Sarapat,  Kecamatan Dusun Timur,  Kabupaten Barito Timur, di Tamiang Layang,  Selasa,(30/10/2018).

Pendapat senada juga datang dari petani getah karet lainnya, Surya Rampa atau biasa di kenal Pak Suri, 49 tahun) warga Desa Haringen,  Kecamatan Dusun Timur,  Kabupaten Barito Timur. Kata dia, musim penghujan sangat berpengaruh terhadap kualitas sedapan karet yang disadap.

Biasanya apabila tidak masuk musim penghujan per batang pohon getah karet dalam satu pohon menghasilkan berkisar 150 mililiter dan kualitas getahnya kental.

"Kalau musim penghujan getah karet yang dihasilkan encer,  dan hasil yang didapat dari sedapan karet berkisar 75 mililiter," kata Surya Rampa. (AMAR ISWANI/m). 


TAGS:

Berita Terbaru