Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Surya Paloh: Pancasila Sebagai Pemersatu Bangsa

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 03 November 2018 - 20:22 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Menjadi salah satu dalam agenda politiknya di Kabupaten Kapuas yakni menyampaikan pidato kebangsaan di hadapan ratusan kader Partai Nasional Demokrat (NasDem), Surya Paloh menyampaikan bahwa Pancasila sebagai pemersatu bangsa yang harus diamalkan dalam kehidupan.

Dengan ciri khas suaranya yang lantang dan bersemangat dalam berpidato, Ketua Umum Partai NasDem ini memuji para pemikir-pemikir ideologi Pancasil di masa lalu.

"Sebagai sebuah alat pemersatu yang menyatukan kita dari keanekaragaman kehidupan kebangsaan yang kita miliki. Betapa hebatnya para pemikir-pemikir bangsa ini pada masa lalu yang telah menemukan sebuah alat pemersatu ini," ucap Surya dalam pidatonya, Sabtu (3/11/2018).

Salah satu tokoh nasional ini kembali menyatakan luar biasanya pemikiran pahlawan atau tokoh dimasa lalu dalam mencetuskan ideologi tersebut.

"Saya tidak dapat membayangkan berapa besar keanekaragaman kita berbeda beda suku, agama, dialek dan sebagainya tapi kita mampu dipersatukan oleh ideologi pancasila," sebutnya.

Menurutnya Pancasila yang memiliki lima prinsip dasar tersebut harus betul-betul dipahami dan dilaksanakan dalam berbangsa dan bernegara.

"Mengingat bangsa kita bukan lagi bangsa yang terjajah. Masa penjajahan sudah lewat. Itu hanya merupakan kenangan masa lalu kita. Namun, sekarang ini tinggal kita yang menentukan pilihan itu ada pada kita. Mau maju, mau mundur, mau bersatu itu semua ada pada kita," katanya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru