Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Kumpai Batu Atas Dikunjungi 320 Wisata Asing dan Lokal

  • Oleh Andreansyah
  • 06 November 2018 - 00:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Tanam kopi menpunyai daya tarik tersendiri. Tidak hanya bagi masyarakat Indonesia, tetapi juga wisatawan mancanegara.

Hal inilah yang dirasakan masyarakat Desa Kumpai Batu Atas. Desa yang berada di Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), itu menjadi terkenal dan didatangi wisatawan asing lantaran masyarakatnya membudidayakan tanaman kopi liberika. Kopi yang terkenal dengan aroma buah nangka.

Hingga awal November 2018, tercatat sudah 320 wisata asing dan lokal datang ke Desa Kumpai Batu Atas untuk melihat kebun kopi liberika.

Sutrisno, 46, warga Desa Kumpai Batu Atas yang juga pengelola kelompok petani kopi, mengatakan dari awal Januari sudah banyak wisatawan asing dan lokal datang ke desanya untuk melihat langsung kebun kopi dan proses pengolahannya. 

"Setiap bulan pasti ada kunjungan ke Desa Kumpai Batu Atas, baik wisatawan asing maupun lokal. Untuk wisatawan asing sendiri mungkin sudah ada empat negara yang berkunjung yaitu Inggris, Australia, Jepang, dan Belanda," tuturnya.

Wisata asing yang berkunjung tidak hanya melihat kebun tetapi juga mencicipi kopi Liberika di areal kebun dan hidangan makanan tradisional Desa Kumpai Batu Atas. (Andreansyah/B-3)

Berita Terbaru