Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Nadine Alexandra Dukung Minyak Sawit Bersertifikat ISPO dan RSPO

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 26 November 2018 - 10:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Konsumen dituntut untuk juga paham dengan produk berbasis minyak sawit berkelanjutan, sehingga mendorong produsen menghasilkan produk yang ramah lingkungan.

Ajakan itu disampaikan aktris sekaligus pemerhati lingkungan Nadine Alexandra Dewi di Sintang, Kalimantan Barat, akhir pekan lalu, untuk mendukung produk sawit Indonesia bersertifikasi.

Konsumen, menurut Nadine, perlu mengetahui bahwa ada pilihan minyak kelapa sawit yang dikelola secara berkelanjutan dan dibuktikan dengan sertifikat Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) atau Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO).
         
"Mungkin selama ini orang tidak tahu kalau ada pilihan minyak sawit bersertifikat. Kita bisa mulai dari situ, memperkenalkan tentang minyak sawit bersertifikat yang bisa menjadi pilihan kita," kata Nadine di sela-sela kegiatan media trip WWF Indonesia mengenai pengelolaan perkebunan sawit berkelanjutan.

Pola konsumsi seperti ini diharapkan bisa mendorong produsen minyak kelapa sawit dan seluruh produk turunannya untuk memastikan aspek berkelanjutan dan dampak negatif terhadap lingkungan diminimalisasi.

Puteri Indonesia 2010 itu juga menegaskan bahwa konsumen dengan daya belinya memiliki kekuatan untuk melawan praktik-praktik bisnis yang merugikan lingkungan, termasuk dalam industri sawit yang dikelola tanpa menyeimbangkan aspek ekonomi, konservasi, dan sosial budaya.
         
"Memilih apa yang kita konsumsi adalah cara kita menyampaikan pada perusahaan dan pemerintah bahwa kita sadar pentingnya prinsip-prinsip berkelanjutan dijalankan," kata pemeran Brie dalam film "Filosofi Kopi 2" itu.
         
"Sebagai konsumen jangan pernah merasa kita orang kecil dengan terpaksa membeli apa yang sudah ada. We vote with our money, kita yang menentukan pasar," saran Nadine. (NEDELYA RAMADHANI/m)
 

Berita Terbaru