Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Durian Masih Banjiri Kota Kasongan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 07 Desember 2018 - 15:32 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Buah durian yang dijajakan pedagang masih membanjiri kota Kasongan, Kabupaten Katingan.

Pantauan borneonews.co.id Jumat (7/12/2018) para penjual buah durian terlihat di tepi Jalan Trans Kalimantan mulai dari Bukit Batu hingga Km9 Kasongan arah Kereng Pangi.

Selain di tepi Jalan Trans Kalimantan, buah durian juga banyak dijajakan warga di Pasar Kereng Pangi maupun Pasar Kasongan dan sejumlah gang di Kasongan.

Selain itu tak jarang buah yang memiliki duri tajam ini juga rame dijual melalui media sosial seperti Facebook.

Dari pantauan saat ini harga durian Kasongan dipatok murah oleh pedagang dibandingkan sebelumnya.

"Sekarang buah durian sedang banjir, makanya sekarang durian yang paling besar kita jual hanya Rp20 ribu per bijinya," kata Dadang, seorang penjual buah durian yang mangkal tepi Jalan Soekarno-Hatta Kasongan. 

Sementara durian dengan ukuran paling kecil dijual antara Rp7 ribu sampai Rp10 ribu per bijinya. Dadang mengaku setiap hari dirinya membeli buah durian dari warga pemilik kebun durian di Pendahara Kecamatan Tewang Sanggalang Garing.

Durian tersebut kemudian dijajakan di tepi Jalan Trans Kalimantan atau muara Jalan Soekarno-Hatta komplek Kereng Humbang.

Biasanya, kata Dadang, buah durian miliknya dibeli pengepul yang datang dari Palangkaraya dan Banjarmasin.

"Rata-rata tiap hari saya bawa 50 sampai 80 buah durian, dan habis terjual sebelum jam empat sore," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru