Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ikan Peda dan Tongkol di Kasongan dan Kereng Pangi Langka

  • Oleh Abdul Gofur
  • 04 Januari 2019 - 17:02 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Ikan laut jenis peda di wilayah Kabupaten Katingan sejak seminggu terakhir langka.

Langkanya ikan laut ini karena nelayan untuk sementara berhenti melaut lantaran ombak/gelombang laut tinggi.

Akibatnya sejumlah pemilik warung makan yang biasa menyediakan masakan ikan laut baik jenis peda, tongkol maupun lajang sejak beberapa hari terakhir tidak menyediakan menu masakan ikan laut itu.

"Dari kemarin-kemarin kita gak menyediakan menu masakan ikan laut itu baik goreng peda, tongkol maupun lajang, karena di pasar kosong," ujar Maryati, salah seorang pemilik warung makan di Kereng Humbang Kasongan, Jumat (4/1/2019).

Menurutnya, di penjual ikan laut di Pasar Kasongan langgananya sudah lebih sepekan terakhir tidak menjual ikan laut itu. "Katanya ombak laut besar, sehingga nelayan tidak berani melaut," imbuhnya.

Dari pantauan borneonews.co.id para penjual ikan baik di Pasar Kasongan maupun Pasar Kereng Pangi sejak beberapa hari terakhir tidak menjual ikan jenis laut itu.

Pedagang mengaku kosongnya ikan laut ini karena pemasok yang biasa datang dari Banjarmasin, Kalsel maupun Pegatan Kecamatan Katingan Kuala sejak sepekan terakhir tidak lagi memasok ikan laut.

Lurah Pegatan Hilir Kecamatan Katingan Kuala, Ahmad Kasmiran mengakui jika sejak beberapa hari terakhir tidak sedikit nelayan di wilayahnya berhenti melaut karena takut gelombang tinggi.

Hampir setiap hari, tutur Ahmad gelombang tinggi hingga mencapai tidak lebih dua meter terjai di pesisir pantai Pegatan itu. (ABDUL GOFUR/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru