Dinas Kesehatan Sukamara Siapkan Petugas Jumantik

  • Oleh Norhasanah
  • 12 Januari 2019 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dinas Kesehatan (Dinkes) Sukamara akan menyiapkan petugas juru pemantau jentik (jumantik), untuk mengecek lokasi sarang nyamuk dalam rangka mengantisipasi Demam Berdarah Dengue (DBD).

"Kita memiliki petugas juru pemantau jentik," kata plt Kepala Dinas Kesehatan Sukamara, Chairuddin, Sabtu (12/1/2019).

"Tugas jumantik ini memantau lokasi-lokasi yang berpotensi menjadi sarang nyabuk DBD. Serta mengingatkan warga untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah," ujar Chairuddin.

Chairuddin mengatakan, dengan musim hujan seperti saat ini, jentik bisa berkembang biak. Untuk itu, masyarakat perlu menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan 3M.

Sementara, sebelumnya, Wakil Bupati Sukamara, Ahmadi mengatakan wabah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) mengalami peningkatan, sehingga perlu adanya upaya pencegahan agar bisa ditekan di 2019.

Ahmadi melanjutkan, gerakan Berantas Sarang Nyamuk (BSN) yang pihaknya lakukan merupakann upaya pencegahan adanya peningkatan kasus di tahun 2019.

"Tolong gerakan 3M itu dilakukan. Mengubur, menguras dan menutup tempat-tempat yang bisa menjadi sarang nyamuk," pinta H Ahmadi. (NORHASANAH/B-11) 

Berita Terbaru