Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Hasil Kunjungan Komisi V DPR RI terhadap Pembangunan Infastruktur dan Transportasi di Kobar

  • Oleh Wahyu Krida
  • 17 Januari 2019 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Ketua tim rombongan Komisi V DPR RI Ibnu Munzir menyampaikan hasil tinjauannya bersama 21 anggotanya ke Jalan Pangkalan Lima menuju arah Kumai, Jalan menuju Pelabuhan Bumi Harjo, Jalan arah Pelabuhan Roro dan Tempenek,  Dermaga Wisata Tanjung Puting dan rencana pembangunan Bandara Sebuai.

Ibnu Munzir bersama 21 anggotanya yang dua di antaranya berasal dari Kalteng yaitu Rahmat Nasution Hamka dari fraksi PDIP dan Agati Sulie Mahyudin dari fraksi Partai Golkar meninjau pembangunan infastruktur dan transportasi pada kunjungan kerja spesifik di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kamis (17/1/2019).

"Proyek jalan nasional ini sudah dalam tahap penyelesaian tinggal 1,9 km saja yang dikerjakan dan saat ini tinggal pelakaanaan saja lantaran sudah dilakukan tender," jelas Ibnu.

Namun, lanjut Ibnu, ada sedikit masalah terkait status jalan yang menuju arah Tempenek.

"Karena statusnya masih jalan Kabupaten. Saat ini kita lihat kondisinya rusak berat. Kami tadi menyarankan agar status jalan tersebut bisa diubah menjadi jalan nasional agar nanti dalam proses pembangunan jalan tersebut disa digunakan dana dari APBN," jelas Ibnu.

Ibnu kemudian menjelaskan tahapan perubahan status jalan tersebut dari jalan kabupaten menjadi jalan nasional.

"Usulannya bisa dilakukan oleh Pemkab Kobar, kemudian diteruskan melalui Provinsi Kalteng hingga ke pusat. Nanti setelah dipusat kami akan mendorong agar perubahan status jalan bisa terealisasi," jelas Ibnu.

Sehingga, lanjut Ibnu, hal ini akan menjadi topik pembahasan antara komisi V dan Kementerian PUPR terkait kunker spesifik.

"Memang pemindahan status jalan merupakan tupoksi birokrat. Namun kita mendorong dan mengingatkan dalan rapat kerja antara komisi V dan Kementerian PUPR," terangnya.

"Dalam rapat itu kami akan sampaikan hasil kegiatan kunjungan  spesifik ini diantaranya adalah kondisi jalan yang kita tinjau tadi. Karena  jalan tersebut sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kobar dalam sektor produk CPO dan pariwisata," lanjut Ibnu. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru