Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Diingatkan Aktif Lakukan 3M Plus Guna Cegah DBD

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 20 Januari 2019 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas- Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Apendi mengingatkan masyarakat agar aktif melakukan 3M plus (menguras, menutup, mendaur ulang, plus), untuk mencegah penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Imbauan itu disampaikan mengingat saat ini masih musim penghujan, sehingga perlu kewaspadaan.

Apendi menuturkan, untuk aktif memberantas sarang nyamuk dengan cara 3M plus dapat dimulai dari menguras tempat penampungan air seperti bak mandi, drum, dan lain-lain minimal seminggu sekali. 

Kemudian, menutup rapat-rapat tempat penampungan air sehingga tidak menjadi tempat bertelurnya nyamuk aedes aegypti yang bisa menularkan DBD.

"Mendaur ulang atau menyingkirkan barang-barang bekas yang dapat menampung air hujan tempat berkembang biaknya nyamuk aedes aegypti."

Dan, plusnya berarti cara lain seperti memperbaiki talang maupun saluran air yang rusak agar lancar, mengganti air vas bunga maupun minuman burung atau binatang lainnya paling tidak seminggu sekali.

"Ditambah memberikan obat bubuk pembasmi jentik pada tempat yang sulit dikuras, memelihara ikan pemakan jentik, memasang kawat kasa pada fentilasi rumah, dan tidak menggantung pakaian di luar maupun di dalam ruangan," tutur Apendi, ungkap Apendi kepada wartawan, Minggu (20/1/2019).

Ia menekankan bahwa fogging atau pengasapan hanya membasmi nyamuk dewasa. "Karenanya, yang lebih tepat adalah partisipasi dan kesadaran masyarakat itu sendiri. Salah satunya dengan menerapkan 3M plus," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-3)

Berita Terbaru