Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kementerian Perdagangan Gandeng Senator Hamdhani Gelar Pelatihan Kewirausahan

  • Oleh Wahyu Krida
  • 28 Januari 2019 - 18:06 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Guna menumbuhkan kewirausahaan di berbagai daerah dengan target 20 ribu pelaku wirausaha baru di seluruh Indonesia dalam lima tahun (2015-2020), Kementerian Perindustrian gencar mengadakan pelatihan dan pengembangan kewirausahaan. Salah satunya di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Bekerja sama dengan anggota DPR RI Komisi V Hamdhani, Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah, menggelar Pelatihan Pertumbuhan dan Pengembangan Wirausaha Baru yang diikuti ratusan peserta dari lima kabupaten yaitu Kobar, Kotim, Seruyan, Sukamara, dan Lamandau.

Peserta terdiri dari pelaku usaha jenis industri kecil menengah (IKM) seperti perbengkelan roda dua, kerajinan limbah kayu, pakan ternak, service AC, dan pembuatan gula semut.

Pelatihan dijadwalkan berlangsung selama lima hari sejak Senin (28/1/2019) hingga Jumat (1/2/2019).

Seusai pembukaan kegiatan yang berlangsung di Ballroom Swiss-Belinn Pangkalan Bun, Hamdhani mengatakan bahwa pelatihan serupa juga telah digelar di beberapa kota lain, di antaranya Palangka Raya, Pulang Pisau, dan Kasongan.

"Untuk Kabupaten Kobar,  ini merupakan pelatihan yang kedua kalinya. Harapannya ilmu yang diberikan dalam pelatihan ini bisa diserap peserta, agar bisa menjadi enterpreneur baru. Supaya bisa membangun ekonomi di daerah masing-masing," jelas Hamdhani.

Sehingga mereka tidak kesulitnan lagi bila terjadi gejolak perekonomian seperti jatuhnya harga sawit.

"Dengan adanya keahlian dibidang jasa mereka bisa bangkit dengan mengerjakan usaha jasa untuk memperoleh penghasilan. Peserta dalam pelatihan ini juga dibimbing oleh pelatih khusus yang berkompeten dibidangnya. Jadi ilmu yang didapatkan benar-benar bisa diterapkan dalam dunia usaha saat ini," jelas Hamdhani.

Ia memcontohkan jenis pelatihan apa saja yang diberikan pada peserta.

"Contohnya untuk ilmu perbengkelan roda dua. Pelatih khusus didatangkan dari Jakarta. Sehingga peserta bisa mendapatkan ilmu otomotif terkini. Lantaran saat ini lagi booming kegiatan grasstrack dan trabasan. Jadi dengan mendapatkan ilmu teknik mesin yang terkini, diharapkan banyak penggemar otomotif men-setting motor mereka agar prima dalam mengikuti ajang grasstrack atau trabasan di bengkel milik peserta pelatihan ini," sebut Hamdhani.

Berita Terbaru