Tumpukan Sampah di Jalan Padat Karya II Kumai Bisa Capai 100 Meter

  • Oleh Andreansyah
  • 29 Januari 2019 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Kesadaran masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya masih sangat rendah. Hal ini terlihat dari banyaknya sampah berserakan di pinggiran Jalan Padat Karya II, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat. 

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Bahan Berbahaya Beracun Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kobar Robian Noor, juga mengakui bahwa kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan di Kumai masih sangat rendah. 

"Banyak yang membuang sampah dipinggir jalan sampai menumpuk hingga mencapai panjang 100 meter lebih," ungkapnya, Selasa (29/1/2019). 

Menindaklanjuti hal itu, DLH sampai harus mengerahkan alat berat untuk membersihkan sampah yang berserakan di pinggir jalan. Selain itu, DLH juga menyurati camat Kumai supaya turun tangan mengatasi persoalan ini.

"Kami meminta camat juga ikut turun tangan. Terutama yang menggunakan kendaraan ini agar membuang sampah langsung ke tempat pemprosesan akhir (TPA) di Pangkalan Bun. Sehingga tidak menumpuk di pinggir jalan dan menimbulkan bau tidak sedap," ujarnya. (Andreansyah/B-3)


TAGS:

Berita Terbaru