Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Palangka Raya Tetap Beri Fogging Tapi Dibatasi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 31 Januari 2019 - 17:12 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, drg Andjar Hari Purnomo mengatakan dinasnya tetap melayani permintaan masyarakat untuk melakukan fogging atau pengasapan tapi dibatasi.

"Di puskesmas sudah disiapkan bubuk abate, silakan masyarakat datang ke puskesmas dan memintanya agar dapat dimanfaatkan dengan baik. Sementara untuk fogging juga bisa dilakukan pihak Dinkes namun dibatasi," kata drg Andjar, Kamis (31/1/2019).

Pemberian fogging menurut drg Andjar dibatasi hanya dilakukan pada kawasan-kawasan yang ditemukan ada korban positif terkena DBD. Jika tidak, maka fogging lebih dihindari.

"Fogging hanya bersifat membunuh nyamuk dewasa, sedangkan jentiknya tidak mati. Nah di sinilah perlunya hidup bersih, bagaimana masyarakat bisa bersama-sama mencegah berkembangnya bibit bibit nyamuk DBD tersebut," ujarnya.

Sementara terkait perlu tidaknya ditetapkan kejadian luar biasa (KLB), untuk hal tersebut kata Andjar Dinkes masih belum, melihat kriteria secara menyeluruh.

"Kita jangan menjadikan perdebatan, yang terpenting adalah aksi baik dari kecamatan, kelurahan, RT, masyarakat, TNI, Polri dan semuanya untuk mencegah dan mengantisipasi meluasnya penyebaran DBD," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru