Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPS Kotim Latih Petugas Lapangan Susenas

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 02 Februari 2019 - 20:12 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Badan Pusat Statistik (BPS) Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) memberikan pelatihan terhadap puluhan petugas survei sosial ekonomi nasional (Susenas).

Sensus ini dilakukan agar data hasil survei dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah maupun masyarakat sebagai bahan monitoring.

"Pelatihan ini kami lakukan karena akan melakukan Susenas yang dimulai Maret 2019," ujar Kepala BPS Kalteng Yomin Tofri, Sabtu (2/2/2019) . Natinya para petugas Susenas akan melakukan pendataan ke rumah warga diseluruh kecamatan.

Data hasil survei akan dimanfaatkan oleh pemerintah kabupaten, provinsi, dan pusat. Bahkan masyarakat bisa menggunakannya.

Karena hasil survei yang nantinya akan memperlihatkan data perekonomian masyarakat termasuk penduduk miskin, sehingga dapat digunakan untuk memonitoring kondisi sosial ekonomi masyarakat, serta sebagai bahan perencanaan.

"Jadi nantinya itu menjadi tolak ukur, sehingga bagi yang membutuhkan survei tersebut bisa lebih mudah," ungkapnya.

Dia meminta kepada petugas lapangan untuk memiliki integritas yang tinggi dalam menggali data. Apalagi pihaknya komitmen untuk tetap menjaga agar tidak terdapat adanya error pada data yang dihasilkan seperti pada 2018 di Kalteng. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru