Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapolsek Ketapang Ajak Masyarakat Bersihkan Lingkungan Tempat Tinggal

  • 15 Februari 2019 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kapolsek Ketapang AKP I Kadek Dwi Yoga Sidhimantra bersama Camat Mentawa Baru Ketapang Sutimin mengajak seluruh masyarakat di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) meningkatkan kebersihan di lingkungan tempat tinggal.

Kegiatan itu dilakukan untuk pencegahan tersebarnya penyakit demam berdarah. "Musim hujan biasanya penyakit demam berdarah meningkat. Hal itu karena adanya genangan air yang dijadikan sarang nyamuk, terlebih nyamuk Aedes Aegypti yang dapat membawa virus dengue penyebab penyakit demam berdarah," kata Kapolsek Ketapang mewakili Kapolres Kotim AKBP Mohammad Rommel, Jumat (15/2/2019).

Perwira berpangkat tiga balok emas ini melanjutkan, tiga cara dasar untuk mencegah DBD adalah dengan cara 3M, yakni menutup, menguras dan mendaur ulang. Ajakan ini bukan hanya sebuah kata-kata saja. 

Kapolsek Ketapang beserta jajarannya dan petugas Puskesmas Ketapang 1 dan 2 melakukan aksi dan sosialisasi melakukan pencegahan tersebarnya penyakit tersebut kepada masyarakat.

M pertama yaitu menutup. Tutup segala tempat yang bisa menampung air, baik di dalam maupun di luar rumah. Tampung air seperlunya. Nyamuk betina memanfaatkan air yang tergenang sebagai tempat bertelur.

M kedua yaitu menguras. Kuras tempat penampungan air seperti bak mandi, akuarium, dan vas bunga sebanyak satu hingga dua kali dalam seminggu. Hal ini mencegah siklus metamorfosis nyamuk, mulai dari telur hingga menjadi nyamuk dewasa.

Dan terakhir adalah mendaur ulang. Sampah yang tidak dapat terurai oleh bakteri pengurai dalam waktu yang cepat harus didaur ulang agar tidak menjadi tempang genangan air.

"Ingat, 3M. Jika dulunya ada menutup, menguras dan mengubur. Sekarang sudah diganti M ketiga, menjadi mendaur ulang. Sebab mengubur sampah yang susah terurai seperti kaleng dan plastik dapat menimbulkan polusi bagi tanah. Jadi digunakan cara yang lebih baik ini. Semoga kita semua tidak terkena penyakit apapun, terutama DBD," tukas Kapolsek Ketapang. (ACHMAD SYIHABUDDIN/B-2)
 

Berita Terbaru