Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Selatan Sebut Lima Faktor Dominan Pengaruhi Pemahaman Politik Masyarakat 

  • Oleh Uriutu
  • 20 Februari 2019 - 14:36 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Bupati Barito Selatan Eddy Raya Samsuri menyebutkan, ada lima faktor yang sangat dominan memengaruhi pemahaman politik masyarakat.  

"Lima faktor tersebut yakni faktor pendidikan, lingkungan, jenis kelamin, keturunan, dan faktor mata pencaharian," kata Eddy Raya Samsuri kepada Borneonews, Rabu (20/2/2019). 

Ia mengatakan, jika salah satu dari lima faktor tersebut dapat berperan aktif di masyarakat, maka akan memengaruhi pemahaman masyarakat terhadap politik. 

Di samping lima faktor tersebut, lanjut dia, dari segi budaya politik juga memiliki peran besar dalam memberikan pemahaman masyarakat terhadap politik.  

"Sebab budaya politik merupakan sikap orientasi warga negara terhadap sistem politik, dan aneka ragam bagian didalamnya," jelas dia. 

Untuk menyamakan persepsi terkait hal itu, lanjut dia, pihaknya telah melakukan coffee morning, dan sosialisasi bagi elemen masing-masing unsur pendukung pemilu.

Dengan memberikan edukasi politik bagi siswa-siswi SLTA yang berusia 17 tahun yang dikategorikan sebagai pemilih pemula. 

Ia berharap kepada siswa sebagai masyarakat, sekaligus sebagai pemilih pemula dapat memiliki pemahaman secara mendasar mengenai politik. (URIUTU DJAPER/B-2)

Berita Terbaru