Kepala BPBD Katingan Minta Warga di Bantaran DAS Katingan Waspada Banjir

  • Oleh Abdul Gofur
  • 25 Februari 2019 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan, Icing meminta kepada warga khususnya yang bermukim di bantaran daerah aliran sungai (DAS) Katingan selalu waspada.

Pasalnya, saat ini air Sungai Katingan sudah meluap ke permukaan hingga menggenangi puluhan rumah warga di Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah.

Icing mengaku dari laporan yang ia terima, banjir akibat luapan air Sungai Katingan di wilayah Kecamatan Katingan Tengah itu sudah menggenangi permukiman di dua desa, yakni Desa Samba Katung dan Samba Bakumpai.

Menurutnya, banjir di wilayah ini akibat kiriman dari Sungai Katingan wilayah hulu dan Sungai Samba. Hingga sore hari ini, kata Icing, air Sungai Katingan masih terus bergerak naik kepermukaan di wilayah Katingan Tengah.

"Kami mengimbau kepada warga khususnya yang tinggal di bantaran Sungai Katingan mulai dari Kecamatan Katingan Hilir, Tewang Sanggalang Garing dan Kecamatan Pulau Malan agar mewaspadai banjir kiriman ini," ujarnya.

Camat Katingan Tengah, Hariawan membenarkan jika sejauh ini sebagian wilayahnya mulai terendam banjir akibat luapan Sungai Katingan.

"Kami sudah laporkan ke bupati, wakil bupati dan sekda terkait masalah ini," kata Hariawan. (ABDUL GOFUR/B-2)


TAGS:

Berita Terbaru