Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Direktur PDAM Bartim Beberkan Penyebab Air Jarang Mengalir

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 26 Februari 2019 - 23:56 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Masyarakat Tamiang Layang, Kabupaten Barito Timur banyak mengeluhkan air dari PDAM yang tidak mengalir. Terkait itu, Direktur PDAM Barito Timur, Hendroyono menyampaikan penyebabnya, Selasa (26/1/2019).

"Itu dikarenakan air baku utama PDAM di embung sirau bocor. Jadi tidak mengalir ke pipa utama PDAM," kata Hendrayono.

Dia menjelaskan, air baku PDAM untuk wilayah Tamiang Layang berasal dari Embung Sirau. Karena kebocoran itu, air tidak terisi penuh menuju pipa PDAM.

"Embung sirau yang bocor tepat berada di bawah pipa utama PDAM. Jadi air tidak dapat menjangkau dan selalu terbuang," jelasnya.

Terkait itu, teknisi PDAM menambah mesin pompa agar dapat mengalirkan air ke dalam pipa utama. Tapi terkadang juga tidak berjalan lancar, karena biaya lebih tinggi, terutama untuk listrik. Sementara kondisi keuangan PDAM masih memerlukan suntikan dana.

"Kita selalu bergantian mengaliri air ke rumah warga, antara pagi dan sore hari dibagi ke beberapa wilayah di Tamiang Layang," jelasnya.

Dia mengatakan, embung sirau merupakan proyek Dinas PU Provinsi Kalimantan Tengah. Sehingga wewenang perbaikan ada di dinas itu. (PRASOJO EKO APRIANTO/B-11)

Berita Terbaru