Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdukcapil Barito Selatan Bakal Laksanakan Sidang Isbat

  • Oleh Uriutu
  • 12 Maret 2019 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Dinas Kependudukan dan catatan Sipil (Disdukcapil) Barito Selatan bakal melaksanakan sidang isbat. Demikian disampaikan kepala Disdukcapil Barsel, Nyamei Tumbai didampingi Kabid Pencatatan Sipil Adenan kepada Borneonews, Selasa (12/3/2019).

“Untuk sidang isbat ini akan kami laksanakan di dua titik yakni Desa Batampang wilayah Kecamatan Dusun Hilir dan Kelurahan Pendang dengan total sebanyak 54 Pasutri ,” Kata Nyamei Tumbai kepada Borneonews.

Ia mengatakan, pihaknya telah melakukan verifikasi untuk Eesa Batampang berjumlah 32 Pasutri dan di Kelurahan Pendang berjumlah 22 Pasutri. Jadi totalnya 54 pasutri yang akan dilaksanakan sidang isbat.

“Kami melaksanakan sidang isbat di dua titik ini pada tanggal 22  April mendatang,” ucap dia.

Pihaknya, lanjut dia, melaksanakan program sidang isbat ini, mengingat masih banyak masyarakat atau Pasutri yang belum memiliki buku nikah.

Ia menyadari, banyak masyarakat yang kesulitan untuk mengurus akta kelahiran dan juga pembuatan kartu keluarga. Padahal jika tidak bisa melampirkan buku nikah, maka perkawinan mereka hanya sah menurut agama namun tidak diakui menurut Negara. “Artinya tidak diakui menurut Negara, karena perkawinan belum tercatat di Disdukcapil,” ucap dia.

Ia menambahkan, sidang isbat ini dilakukan agar bisa memiliki dokumen atau buku nikah sehingga mereka tidak lagi kesulitan untuk mengurus administrasi kependudukannya. (URIUTU DJAPER/B-2) 

Berita Terbaru