Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Sukamara Diingatkan Tidak Membuka Lahan Dengan Membakar 

  • Oleh Norhasanah
  • 13 Maret 2019 - 17:36 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Masyarakat petani Desa Sungai Pasir, Kecamatan Jelai, Kabupaten Sukamara diingatkan untuk tidak membakar hutan dalam membuka lahan pertanian.
"Saya berharap masyarakat tidak melakukan pembakaran untuk membuka lahan pertanian, karena ini sudah dilarang," harap Wakil Bupati Sukamara H Ahmadi, Rabu (13/3/2019)
Menurut Ahmadi, membakar lahan memang adalah cara lama yang dilakukan petani untuk membuka lahan, namun karena dampaknya tidak baik bagi lingkungan dan ekosistemnya sehingga cara lama tersebut tidak lagi diperbolahkan.
"Memang dulu, membuka lahan petani kita dengan cara membakar, dan sekarang sudah ada sebuah perubahan, jadi apabila petani ingin mengolah lahan tidak lagi dengan cara membakar tetapi dengan memanfaatkan alsintan yang ada," tuturnya.
Ahmadi menuturkan, bahwa pemerintah akan berupaya terus mendorong pertanian di Kabupaten Sukamara, salah satunya dengan memberikan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan), sehingga pekerjaan mengelola laham bisa lebih ringan.

"Pemerintah akan memberikan bantuan, berupa alsintan, mulai dari alat berat untuk mengolah lahan, namun ini dilakukan secara bertahap," kata H Ahmadi. (NORHASANAH/m)

Berita Terbaru