Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lutung Merah Kembali Muncul di Pemukiman Warga

  • Oleh Wahyu Krida
  • 14 Maret 2019 - 17:26 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Seekor Lutung Merah atau  Kelasi (Presbyetis rubicunda) kembali terlihat di atas pohon di wilayah pemukiman warga di Jalan Matnor, Gang Pambulinan, Kelurahan Baru, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Kamis (14/3/2019).

Menurut staf Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Pangkalan Bun, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalteng Muda Yulivan, menindaklanjuti laporan masyarakat, pihaknya mendatangi lokasi dimaksud.

“Saat kami mendatangi lokasi tersebut untuk melakukan evakuasi, ternyata belum membuahkan hasil. Primata tersebut keburu kabur sebelum kami tembak menggunakan senapan bius,” jelas Muda.

Menurut Muda, bila ada warga yang mengetahui keberadaan Lutung Merah atau Kelasi tersebut diharapkan tidak menyakiti atau membunuhnya, lantaran merupakan satwa langka yang keberadaannya dilindungi oleh undang-undang.

“Walau upaya pertama belum membuahkan hasil, rencananya besok pagi kami akan kembali lagi ke wilayah tersebut untuk melakukan evakuasi. Kebetulan di tempat gangguan hewan yang dilaporkan banyak pohon buah yang menjadi sumber makanan bagi satwa itu. Jadi masih ada kemungkinan Kelasi akan kembali lagi ke lokasi tersebut," jelas Muda.

Saat ditanyakan kenapa belakangan ini keberadaan Kelasi sering terlihat didekat pemukiman warga, menurut Muda diduga lantaran habitat satwa tersebut mulai rusak dan ketersediaan makanan mereka mulai berkurang.

"Karena Lutung Merah atau Kelasi merupakan satwa liar yang diduga memiliki habitat di sejumlah hutan kecil yang masih tersisa. Namun lantaran hutan tempat hidupnya semakin mengecil sehingga membuat satwa tersebut masuk ke dalam kawasan pemukiman penduduk," jelas Muda. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru