Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pencemaran Sungai di Pulang Pisau masih Tergolong Ringan

  • Oleh James Donny
  • 26 Maret 2019 - 17:26 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau- Pencemaran sungai di Kabupaten Pulang Pisau masih tergolong ringan. Kendati demikian, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pulang Pisau Wartony, berharap peran serta masyarakat untuk menjaga dan meminimalisasi atau bahkan meniadakan pencemaran air di sungai agar kualitasnya baik untuk ekosistem. 

"Kondisi pencemaran air di dua sungai, yakni Kahayan dan Sebangau masih tergolong ringan. Artinya masih aman untuk menjadi air baku PDAM," ujar Wartony. 

Ia mengatakan, pihaknya rutin mengambil dan memeriksa sampel kualitas air. "Tahun ini melakukan pengujian sampel sebanyak empat kali atau satu kali per triwulan," katanya.

Menurutnya, dalam pengujian sampel tersebut akan menghasilkan tiga kategori yakni air sungai mengalami pencemaran ringan, sedang, atau berat. 

"Yang kita uji kadar COD, BOD, ferum, dan udaranya" katanya.

Air sungai akan dinyatakan tercemar berat bila pencemarannya sudah melampaui batas baku mutu sesuai Permen LH.

"Apakah bisa dikategorikan ringan, sedang, dan berat karena ada tujuh parameter yang diuji. Kalau sudah pencemaran berat itu sangat berbahaya karena sudah mengandung logam berat seperti merkuri," tuturnya. (JAMES DONNY/B-3)

Berita Terbaru