Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Sekitar Taman Nasional Sebangau Diimbau Bisa Bahasa Inggris

  • Oleh Budi Yulianto
  • 12 April 2019 - 16:42 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Warga yang tinggal di sekitar Taman Nasional (TN) Sebangau yakni Desa Karuing, Jahanjang dan Tumbang Bulan diimbau untuk bisa menguasai bahasa Inggris. 

Ini disampaikan Bupati Katingan Sakariyas ketika meresmikan kapal wisata dan guest house bantuan dari Badan Restorasi Gambut (BRG), Kamis (11/4/2019).

"Kenapa Karena nanti disini bukan hanya melayani orang Indonesia saja tapi juga mancanegara," ucap Sakariyas.

Sakariyas pun sedikit mencontohkan masyarakat yang tinggal di Bali. Yaitu seorang tukang pijat mampu menguasai bahasa Inggris sehingga proses pelayanan khususnya dalam hal komunikasi bisa berjalan baik.

"Saya nanti instruksikan semua pendidik yang mengajar bahasa Inggris untuk tidak boleh menggunakan bahasa Indonesia pada jam pelajaran bahasa Inggris, mulai masuk sampai jam pelajaran berakhir. Kalau nggak ngerti ya tanya," ungkapnya.

Keberadaan Taman Nasional Sebangau diyakini bisa menumbuhkan ekonomi di daerah setempat. Termasuk sangat baik untuk anak-anak bisa menguasai bahasa asing.

Di sisi lain, jika ada orang asing yang ingin belajar bahasa daerah pun juga harus dilayani. Sehingga, ada timbal balik antarkedua belah pihak. 

Sakariyas menyebut mulanya ia ingin membersihkan sungai kecil yang menuju TN tersebut. Namun akhirnya niat itu diurungkan karena akan indah jika alam sekitar tetap alami.

Seperti diberitakan, peresmian itu dihadiri langsung Kepala BRG RI Nazir Foead, Staf Ahli Gubernur, Yuas Elco dan sejumlah pejabat lainnya. (BUDI YULIANTO/B-6)

Berita Terbaru