Keberadaan Siskamling Jaga Stabilitas Keamanan Wilayah dan Ajang Silaturahim Warga

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 16 April 2019 - 12:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) merupakan salah satu kegiatan bersama warga untuk menjaga stabilitas keamanan wilayah dan ajang silaturahim warga dengan Bintara Pembina Desa (Babinsa).

Hal itu disampaikan Komandan Kodim (Dandim) 1011/Klk Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono. Menurutnya, keberadaan Siskamling di tengah-tengah masyarakat sangatlah penting.

“Bagi kami, selaku Aparat Teritorial (Apter), kegiatan seperti Siskamling, tidak hanya dalam rangka menjaga keamanan wilayah, namun juga sebagai media mempererat tali silaturahim dan kerjasama dengan masyarakat,” ucap Letkol Bambang kepada wartawan, Selasa (16/4/2019).

“Semakin mengakrabkan anggota TNI dengan warga. Demikian juga sebaliknya, warga pun akan semakin kenal dan diharapkan dari keakraban tersebut akan mengeratkan jalinan persaudaraan dan kekeluargaan,” lanjutnya 

Bambang pun menegaskan bahwa dirinya senantiasa menekankan kepada seluruh jajarannya untuk mempelopori berbagai kegiatan yang dapat membantu masyarakat dalam mengatasi kesulitan yang dihadapinya.

“Tidak hanya individu, kita juga senantiasa mengajak masyarakat peduli terhadap lingkungan mereka. Ini penting, karena jumlah aparat keamanan yang ada sangat terbatas, termasuk Babinsa kita yang minimal satu orang membina dua desa, bahkan lebih,” tegasnya.

Menurut dia, kehadiran Babinsa merupakan ujung tombak disini, pada dasarnya menjadi penyambung lidah masyarakat dan turut menjadi bagian solusi pada kesempatan pertama.

"Babinsa aktif berkeliling di Desa atau Kelurahan wilayah binaannya, pagi, siang maupun malam. Istilah kita, kantor Babinsa ya dimana warga berkumpul, sehingga mereka dengan cepat mengetahui dan mersepon setiap masalah yang ada," ujarnya. (DODI/B-2)

Berita Terbaru