Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bawaslu Harus Evaluasi Kinerja KPU

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 20 April 2019 - 08:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya -  Melihat adanya sejumlah kekurangan yang terjadi selama pemilihan umum 17 April 2019 lalu, pengamat politik Jhon Retei Alfri Sandi menilai perlunya Bawaslu mengevaluasi kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) harus melakukan evaluasi dan koreksi atas kinerja penyelenggara pemilu. Termasuk menyangkut surat suara yang kurang dan tertukar yang katanya human error," sebut Wakil Dekan FISIP Universitas Palangka Raya ini, Sabtu (20/4/2019).

Menurutnya, Bawaslu perlu mengecek apakah ada unsur kelalaian atau kurangnya persiapan KPU dalam mengantisipasi pelaksanaan pemilihan umum. 

Ia meyakini kejadian tersebut pasti akan mengurangi kredibilitas pelaksaan pemilu oleh KPU, bahkan John menilai pemilihan ulang akan membuat esensi pemilu menjadi berkurang.

Diakuinya fenomena kekurangan surat suara dan surat suara yang tertukar tidak hanya terjadi di Kalimantan Tengah tepi juga dibanyak tempat di Indonesia. 

"Dengan adanya kekurangan surat suara bahkan tertukarnya surat suara kita perlu lihat eskalasi dampaknya sejauh mana,” tukas Jhon Retei. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru