Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Semua Pihak Harus Siap Hadapi Bencana

  • Oleh Andreansyah
  • 27 April 2019 - 20:42 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) di halaman BPBD Kabupaten Kotawaringin Barat, Sabtu (27/4/2019), merupakan kesempatan berharga bagi semua pihak yang terlibat untuk penanggulangan bencana.

Sehingga pada saat ada bencana, semua pihak yang dilatih bisa cekatan dalam proses evakuasi.

Kepala BPBD Kobar Petrus Rinda menuturkan, pelatihan penanggulangan bencana hingga proses evakusi korban sudah dilakukan. Semua pihak sangat cekatan.

"Ini kami harapkan tidak saat simulasi tapi nantinya jika ada bencana juga langsung gerak cepat," ujarnya.

Melalui kegiatan ini, ia berharap petugas dapat mengasah naluri untuk bisa bertahan hidup. Hal itu sesuai dengan slogan HKB 'Siap untuk Selamat.' Slogan itu harus dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan komunitas.

"Untuk ancaman bencana di Kobar sendiri yang sering terjadi seperti tanah longsor, banjir, dan kebakaran permukiman serta kebakaran lahan. Dengan membekali anggota kami pelatihan, nantinya dapat mengevakuais para korban bencana. Sehingga bisa menyelamatkan banyak orang," ujarnya.

Petrus juga berterima kasih kepada Pemkab Kobar yang telah mendukung kegiatan tersebut. Semuanya itu dilakukan agar seluruh lapisan masyarakat sadar terhadap ancaman bencana yang datangnya tidak bisa diduga. (Andreansyah/B-3)

Berita Terbaru