Tunggakan Peserta JKN-KIS Mandiri di Kalteng Capai Rp43 Miliar 

  • Oleh Budi Yulianto
  • 29 April 2019 - 21:22 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) ternyata banyak yang menunggak. Khususnya dari peserta JKN-KIS mandiri atau perorangan.

"Banyak tunggakan dari peserta mandiri. Totalnya sekitar Rp43 miliar," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya, Muhammad Masrur Ridwan dalam media gathering pada Senin, 29 April 2019.

Dia menuturkan, tunggakan tersebut terjadi pada peserta JKN-KIS yang ada di beberapa kabupaten dan kota di Kalteng. Besaran angka juga bervariasi.

"Untuk di Palangka Raya sekitar Rp 11 miliar. Gunung Mas sekitar Rp5 miliar dan peserta mandiri yang ada di Kabupaten Pulang Pisau tunggakannya mencapai Rp4,4 miliaran," kata dia.

Lantas berapa total peserta dari total tunggakan sebesar Rp43 miliar? 

"Untuk pastinya saya perlu melihat data lagi. Tetapi yang jelas, untuk di Pulpis jumlah pesertanya sekitar 11 ribuan," bebernya.

Dia berharap, persoalan tersebut segera teratasi dan para peserta bisa kembali melanjutkan pembayaran kepesertaannya. Di sisi lain, pihaknya juga terus berupaya meningkatkan jumlah peserta JKN-KIS. (BUDI YULIANTO/B-11)

Berita Terbaru