Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hasil Pleno Rekapitulasi KPU Gunung Mas Jokowi Unggul 

  • Oleh Magang 1
  • 01 Mei 2019 - 16:36 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 1, Joko Widodo - Ma'ruf Amin atau Jokowi - Ma'aruf unggul di Kabupaten Gunung Mas berdasarkan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 oleh KPU setempat, Selasa 30 April 2019.

Jokowi meraih 54.247 suara. Sedangkan pasangan calon presiden - wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto - Sandiaga Uno meraih 9.110 suara.

Berdasarkan hasil rekapitulasi, jumlah suara sah sebanyak 63.357 dan suara tidak sah sebanyak 1.009. Pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 1 unggul di 12 kecamatan yang ada Kabupaten Gunung Mas.

KPU Kabupaten Gunung Mas juga telah selesai melakukan rekapitulasi penghitungan suara pemilihan legislatif, baik itu DPD RI dapil Kalteng, DPR RI dapil Kalteng, DPRD Kalteng dapil 1, dan DPRD Kabupaten Gunung Mas.

Ketua KPU Kabupaten Gunung Mas, Stepenson menegaskan bahwa pleno ini hanya untuk melakukan rekapitulasi perolehan suara partai politik dan calon dari partai politik, termasuk untuk pileg DPRD kabupaten.

“Memang belum untuk menentukan calon. Tetapi sebenarnya dari jumlah perolehan suara yang sudah ditetapkan, masyarakat sudah dapat mengetahui suatu partai politik mendapat kursi berapa dan calon nomor berapa,” ujarnya.

Untuk penetapan Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas terpilih nantinya akan menunggu petunjuk dari KPU RI, serta melihat kemungkinan adanya gugatan yang dilakukan oleh pihak tertentu ke Mahkamah Konstitusi.

“Jika ada pihak yang melakukan gugatan ke MK pasca penetapan perolehan suara, kemungkinan kita akan menunggu pengumuman registrasi perkara dari MK. Namun jika tidak ada, kita menunggu petunjuk dari KPU RI,” tandas Stepenson. (MAGANG 1/B-5)

Berita Terbaru