Pelabuhan Pelangsian Belum Bisa Dioperasikan Karena Ini

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 03 Mei 2019 - 15:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pelabuhan Pelangsian, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, belum bisa dioperasikan karena masih dalam tahap pembicaraan antara pemerintah daerah dengan PT Pelindo III. 

"Memang kami ingin Pelabuhan Pelangsian segera dioperasikan untuk pelabuhan penumpang. Namun belum ada kesepakatan dengan PT Pelindo III," kata Sekda Kotim Halikinnor, Jumat, 3 Mei 2019. 

Pemkab saat ini terus berupaya berkoordinasi dengan Pelindo III terkait pengoprasian pelabuhan tersebut, berhaerap pelabuhan penumpang segera pindah dari Pelabuhan Sampit. 

Ngototnya pemkab memindah pelabuhan penumpang ke Pelabuhan Pelangsian tersebut bukan tanpa sebab. Mereka menganggap Pelabuhan Sampit sudah berada di tengah kota sehingga mengganggu aktivitas masyarakat sekitar, apalagi di sekitar daerah tersebut ada pasar. 

"Kami ingin tidak ada lagi bongkar muat, sehingga truk pun tidak melintas di jalan dalam kota. Dan jalanpun bisa terjaga dengan baik nantinya," kata Halikinnor. 

Selain itu, mereka juga ingin agar Pelabuhan Sampit diubah menjadi tempat wisata. Pemkab ingin tepian Sungai Mentaya jadi tempat wisata susur sungai. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru