Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Kalteng Waspadai Wabah Cacar Monyet

  • Oleh Budi Yulianto
  • 16 Mei 2019 - 11:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mewaspadai wabah penyakit cacar monyet atau monkeypox. Kendati belum ditemukan di Kalteng, kewaspadaan terhadap jenis penyakit menular ini tetap ditingkatkan. 

"Kami mulai meningkatkan kewaspadaan supaya bibit penyakit itu tidak masuk ke Kalteng," kata Sekretaris Daerah Kalteng, Fakhrizal Fitri, Kamis, 16 Mei 2019.

Upaya untuk meningkatkan kewaspadaan tersebut karena wabah penyakit cacar monyet ini telah ditemukan di negara tetangga, yakni Singapura. 

Kondisi itu mengharuskan pemerintah Indonesia tidak terkecuali Kalteng mewaspadai masuknya wabah tersebut.

Sebagai upaya pencegahan, Sekda menyebut telah menginstruksikan dinas kesehatan dan organisasi perangkat daerah atau OPD lainnya untuk ikut mewaspadai wabah itu.

Jika menemukan adanya wabah tersebut, diminta untuk segera dikoordinasikan agar secepatnya ditangani.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kalteng Suyuti Syamsul mengatakan, jenis penyakit cacar monyet berbeda dengan cacar air.

Penyakit ini merupakan cacar yang disebabkan kontak cairan antara manusia dengan hewan, khususnya hewan pengerat seperti tikus. 

Tikus di daerah Afrika Barat ada yang dikonsumsi manusia, sehingga resiko pindahnya dari manusia ke manusia juga bisa terjadi melalui kontak cairan.

"Berbeda dengan cacar air yang bisa menular melalui pernapasan. Cacar monyet harus melalui pertukaran cairan sehingga resiko terjadinya penularan antara manusia dengan manusia sangat terbatas," ucapnya. (BUDI YULIANTO/B-11/Adv)

Berita Terbaru