Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SMAN 4 Palangka Raya Adakan Penguatan Pendidikan Karakter Sosial melalui Ekstrakulikuler

  • 17 Mei 2019 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - SMAN 4 Palangka Raya mengadakan sejumlah ekstrakulikuler bagi setiap siswanya dalam upaya Penguatan Pendidikan Karakter sosial.

Kepala SMAN 4 Palangka Raya, Yeni Hayati mengatakan, kegiatan ekstrakulikuler yang dilakukan oleh para siswa tersebut di antaranya adalah kegiatan kepramukaan. Selain itu juga ada kegiatan seni dan juga palang merah remaja atau PMR.

"Contoh kecilnya, itu dipraktikkan saat apel bendera, dimana ada murid yang sakit atau pingsan, siswa PMR itu sudah siap siaga. Nantinya juga akan dipandu oleh koordinator UKS sekolah," jelas Yeni kepada Borneonews, Jumat, 17 Mei 2019.

Ia menambahkan, selain  kegiatan ekstrakulikuler, kegiatan sosial lainnya yang biasa dilakukan oleh para siswa dalam bentuk toleransi beragama. Saat ada hari besar keagamaan salah satu agama, maka seluruh siswa turut hadir sebagai tanda kerukunan antar umat.

"Toleransi antar umat itu penting, kami juga mengajarkan itu. Jadi, misalnya siswa muslim merayakan Maulid Nabi, siswa yang lain juga ikut hadir ikut membantu sebagai bentuk menghargai. Begitu juga sebaliknya," jelas Yeni.

Lebih jauh, dalam mengajarkan pendidikan karakter pihak sekolah juga mengajarkan para siswanya untuk menjaga dan mencintai kebersihan lingkungan, hal tersebut dilakukan dengan cara bergotong-royong membersihkan lingkungan sekolah.

"Kami juga menekankan para siswa untuk menjaga kebersihan. Karena dengan kebersihan tentu siswa juga bisa belajar dengan nyaman," tandasnya. (AGUS PRIYONO/B-2)

Berita Terbaru