Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BMKG Prediksi Cuaca Laut Jawa Aman untuk Kapal Mudik Lebaran

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 22 Mei 2019 - 16:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara H Asan Sampit, memprediksi kondisi cuaca di jalur Laut Jawa saat ini masih aman.

"Kondisi jalur mudik laut saat ini aman, tidak ada potensi cuaca yang berpotensi mengganggu keberangkatan kapal," ujar Kepala BMKG Bandara H Asan Sampit Nur Setiawan, Rabu, 22 Mei 2019. 

Saat ini kondisi laut, lebih khusus bagi yang dilintasi tiga pelayaran tujuan Surabaya, Semarang, dan Jakarta, masih cukup normal. Ombak berkisar antara 1 - 1,25 meter. Kecepatan angin juga tidak memicu munculnya gelombang tinggi. 

Kendati demikian, pihaknya tetap mengimbau kepada nahkoda agar selalu memeriksa prakiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG. Karena bisa saja sewaktu-waktu cuaca berubah dan membahayakan pelayaran. 

"Jadi sebelum berangkat, nahkoda harus melihat pantauan cuaca, agar bisa diantisipasi jika terjadi cuaca buruk atau lainnya," kata Setiawan. 

Dia juga meminta kepada nahkoda agar selalu mengantisipasi cuaca buruk saat perjalanan. Karena perubahan cuaca bisa terjadi dalam waktu singkat. Dan jika memang membahayakan, maka jangan memaksakan melanjutkan perjalanan. Sebab, keselamatan penumpang yang paling utama. 

"Kalau sudah bertemu dengan cuaca buruk, jangan ambil risiko besar. Jika memang mengharuskan putar haluan, maka lakukan saja. Demi keselamatan penumpang," harap Setiawan. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru