Pemerintah Kalteng Terima Piagam Pengukuhan Taman Wisata Dunia

  • Oleh Budi Yulianto
  • 23 Mei 2019 - 23:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menerima piagam pengukuhan The World Tourism Park pada Kamis, 23 Mei 2019. 

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Founder dan CEO Yayasan Taman Wisata Dunia, World Tourism Park, Daniel Kumendong dan diterima Sekda Kalteng Fakhrizal Fitri mewakili Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

Penyerahan berlangsung seusai upacara peringatan hari jadi ke-62 Provinsi Kalimantan Tengah di halaman kantor Gubernur Kalteng.

Dalam piagam itu tertulis Kalteng sebagai salah satu wilayah taman wisata dunia yang meliputi  zona ekonomi eksklusif atau ZEE Indonesia.

Tidak hanya piagam pengukuhan, Taman Nasional Tanjung Puting juga menerima sertifikat kategori wisata alam dari yayasan tersebut. Yakni ditetapkan sebagai komponen taman wisata dunia.

"Pemberian penghargaan ini menindaklanjuti hasil dari deklarasi taman wisata dunia yang diinisiasi oleh perwakilan pemerintah, baik pusat, daerah maupun kabupaten, kota di Bali," kata Daniel Kumendong.

Ia menuturkan, wisata negara memiliki kriteria bahwa wilayah di suatu negara layak dijadikan taman wisata dunia apabila negara tersebut memiliki berbagai macam potensi wisata berlevel dunia. 

"Dari berbagai negara, Indonesia layak. Kita meginventarisasi ada 10 potensi wisata berlevel dunia," tuturnya. (BUDI YULIANTO/B-3/Adv)

Berita Terbaru